Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Cara Menyimpan Telur yang Baik biar Tahan Lama


5 Cara Menyimpan Telur yang Baik biar Tahan Lama - Telur merupakan salah satu bahan makanan yang sangat dibutuhkan oleh manusia, karena mengandung banyak vitamin dan hampir semua keluarga memiliki telur di rumah. 


cara menyimpan telur dalam kulkas yang benar
cara menyimpan telur dalam kulkas yang benar


 

Tapi bagaimana menjaga telur agar bisa awet dan tahan lama ya? Karena jika tidak disimpan dengan baik otomatis telur, akan jadi gampang membusuk. Mubazir ya kan? 

 

Berikut ini 5 cara menyimpan telur biar tahan lama

 

 

1. Tidak perlu dicuci

 

Telur yang dicuci ternyata tidak bagus untuk menjaga keawetan. Dilansir dari Real simple, bahwa telur yang dicuci justru memicu kontaminasi. 

 

2. Menaruh telur dalam keadaan benar

 

Menaruh telur dengan baik, merupakan salah satu cara menjaga keawetan telur. Saat kita akan membeli telur, seringkali penjual menaruh bagian runcingnya di atas. Dilansir dari the daily meal, telur punya kantong udara kecil di ujung bulatannya. Pernah melihat kan pasti? 

 

Jika telur semakin lama disimpan maka kantong udara ini akan membesar seiring gas dan uap air yang merembes. Kantong udara yang bisa dikatakan macam selaput ini bisa rusak, dan kuman masuk. Maka cara yang baik menyimpannya, bagian runcing taruh di bawah. 

 

3. Menggunakan kardus bekas untuk menyimpan

 

Biasanya kalau membeli telur disupermarket, akan mendapat kardus pembungkus yang memiliki bentuk seperti telur. Tetapi kalau beli di pasar kita tidak mendapat kardus seperti itu. Nah ternyata menggunakan kardus, bisa memperpanjang masa usia telur. 

 

4. Menjaga keawetan dengan menyimpan di kulkas

 

Sebenarnya menyimpan telur dengan diangin-anginkan saja sudah cukup, tapi kalau mau ditaruh di kulkas tidak apa-apa. Tapi sebaiknya jangan disimpan di sebelah pintu, karena suh pintu sering dibuka tutup. Untuk menyiasatinya simpah diwadah tertutup, meski di dalam kulkas dan juga bisa ditaruh kain bersih di bagian lapisan bawah. 

 

 

Posting Komentar untuk "4 Cara Menyimpan Telur yang Baik biar Tahan Lama"