Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Stadion JIS yang Dibangun Anies Baswedan Layak jadi Tempat Penyelenggaraan Piala Dunia U 17

Polemik tentang JIS yang merupakan stadion termegah di Indonesia, sampai saat ini masih berlangsung. Ada pihak yang menganggap JIS yang dibangun oleh Anies Baswedan ketika menjabat sebagai gubernur DKI belum layak untuk tempat penyelenggaraan event dunia karena tidak memenuhi standar internasional


Anies Baswedan



Rumor ini semakin panas karena pemrakarsanya, yaitu Anies Baswedan bakal maju sebagai calon kandidat presiden RI di pemilihan umum tahun 2024 mendatang. JIS seperti dijadikan sebagai alat untuk menjatuhkan nama Anies oleh pihak yang tidak menginginkan mantan gubernur DKI ini menang dalam pemilihan presiden nanti. 

Mendapat Kepercayaan FIFA


Hal ini berbanding terbalik dengan penilaian dan kepercayaan yang diberikan oleh federasi sepak bola tingkat dunia, FIFA. FIFA sudah menginformasikan bahwa JIS akan menjadi salah satu stadion tempat penyelenggaraan piala dunia U 17 pada bulan November tahun 2023 mendatang. kepercayaan ini tentu bukan hal yang main-main karena tidak semua negara bisa mendapatkan kesempatan. 

Meski mendapat kepercayaan dari FIFA, ternyata ada pihak yang kurang mendukung dan meragukan kualitas dari stadion terbesar di Indonesia ini. Bagi Anies yang sudah lama terjun di dunia politik, hal ini sering terjadi, dimana sebuah prestasi justru “digoreng” untuk menjatuhkan pihak yang sudah menunjukkan prestasinya. 

FIFA sendiri tentu tidak sembarangan dalam menunjuk stadion tempat penyelenggaraan event tingkat dunia tersebut. Sebagai persiapan dalam pertandingan bola tingkat dunia tersebut, pemerintah berencana untuk melakukan renovasi karena menilai JIS tidak layak menjadi tempat penyelenggaraan sepak bola piala dunia U 17. 

Anies sebagai pihak yang disudutkan, menanggapi hal ini dengan santai dan tenang. Mantan orang nomor satu di Jakarta ini menyampaikan bahwa saat ini GIS sudah memenuhi standar JIS sehingga dipilih oleh FIFA. 

Sebagai federasi tingkat dunia, tentu FIFA tidak sembarangan dalam memilih stadion untuk menyelenggarakan event tersebut. Namun pada kenyataannya masih ada pihak yang menyaksikan kesiapan dan kelayakan JIS sebagai tempat pertandingan piala dunia. 


Tidak Percaya Terhadap Penilaian FIFA? 


Berkaitan dengan hal tersebut, Anies menanggapi dengan sangat bijaksana. Kandidat presiden RI ini menyampaikan bahwa pembangunan JIS dikerjakan oleh konsultan berstandar internasional. Konsultan yang dimaksud sudah membuat banyak stadion tingkat internasional. Artinya pengalaman dan kemampuannya tidak diragukan lagi oleh berbagai pihak. 

Di sisi lain, ketidakpercayaan bahwa JIS siap dan layak menjadi tempat penyelenggaraan piala dunia U 17 menunjukkan pihak tersebut tidak yakin dengan pilihan dan keputusan FIFA. Dalam hal penilaian terhadap kualitas dan standar stadion, tentu FIFA sudah mempertimbangkan dengan baik. 

Seharusnya, dengan terpilihnya JIS sebagai tempat penyelenggaraan piala dunia U 17 ikut bangga dan mendukung acara tersebut. lebih lanjut, Anies menyampaikan bahwa JIS merupakan milik bersama bangsa Indonesia dan bukan milik pribadinya. Artinya, jika mendapat kepercayaan tingkat dunia, maka itu merupakan prestasi bagi semua bangsa Indonesia. 

Sebaliknya, apabila ragu dan tidak yakin bahwa JIS pantas dipilih FIFA, artinya sanksi terhadap kinerja berbagai pihak yang sudah bekerja keras. Pertama, sanksi terhadap kemampuan kerja konsultan yang sudah membangunnya. Kedua, ragu terhadap kinerja FIFA yang sudah memilihnya. 

Lebih lanjut, tokoh politik kharismatik ini mempersilahkan pihak yang akan melakukan renovasi JIS selama memenuhi ketentuan. Anies Baswedan memberikan apresiasi terhadap semua penilaian kinerjanya selama menjabat sebagai gubernur DKI. Sikap in menunjukkan karakter dan kesiapannya untuk menjadi pemimpin Indonesia dan menghadapi berbagai macam karakter masyarakat yang dipimpinnya. 


Sumber pendukung artikel: 


https://lancarjayaa.com/rumput-stadion-jis-dituding-tidak-sesuai-standar-fifa-oleh-kontraktor-rumput-golf-kok-bisa/
https://disway.id/read/711502/komentar-santai-anies-baswedan-saat-erick-thohir-ributkan-rumput-jis/15
https://dekoryuk.com/adilkah-rumput-jis-diperiksa-oleh-kontraktor-rumput-bukan-fifa/

Posting Komentar untuk "Stadion JIS yang Dibangun Anies Baswedan Layak jadi Tempat Penyelenggaraan Piala Dunia U 17"